Waduk Darma Objek Wisata Bernuansa Pegunungan

Hay…
Lewat artikel terbaru saya ini, kali ini saya akan memberikan sebuah informasi tentang Waduk Darma objek wisata bernuansa pegunungan, mitos Waduk Darma serta apa saja fasilitas di objek wisata Waduk Darma khusus hanya untuk Anda. Bagi Anda yang butuh refreshing jauh dari kebisingan dan juga melepaskan penat Anda. Waduk Darma objek wisata dengan keindahan akan pemandangan alamnya ini, sangat cocok bagi Anda untuk menjadi opsi tujuan wisata Anda pada saat liburan datang.

Mitos Waduk Darma

Ada tiga pulau yang berada di tengah Waduk diantaranya adalah Nusa Laja, Nusa Goong, dan Nusa Sireum. Nama-nama pulau terdengar memang terdengar aneh, karena nama-nama itu diambil dari fenomena alam dari masing-masing pulau. Nama Nusa Goong diberikan karena pada jaman dulu, orang-orang di sekitar waduk darma sering mendengar suara goong (gong) yakni alat tradisional pelengkap gamelan namun tak seorang pun tahu orang yang menabuh alat tersebut. Konon penabuh gong tersebut adalah sebangsa lelembut yang menghuni pulau itu. Begitu pula juga dengan nama Nusa sireum, nama ini juga penuh dengan mistis yaitu konon dinamai pulau tersebut karena pulau tersebut ukurannya kecil bagaikan semut (sireum) dan juga konon, di sana terdapat kerajaan semut.

Waduk Darma Objek Wisata Bernuansa Pegunungan
Mitos Waduk Darma

Waduk Darma menjadi salah satu pusat kegiatan para wali pada saat itu, sehingga tidak sedikit para ulama yang berdatangan di Waduk ini. Konon Wduk Darma ini kedatangan seorang ulama dari Indramayu, belisu meramalkan bahwa desa Darma kelak akan kedatangan seorang kyai dari arah timur laut yang konon kyai tersebut akan mmakmurkan agama islam di desa Darma. Ulama Indramayu ini juga sempat memberikan nama desa Darma (kata Darma berasal dari “Dau Ma’I” ynag artinya Negara/tempat air), karena desa Darma sangat subur dengan mata air.

Objek Wisata Waduk Darma

Waduk Darma selain sebagai tempat penampungan air untuk pengairan dan perikanan juga digunakan untuk sarana rekreasi dan juga olahraga. Dengan panorama alamnya yang indah di waktu senja hari serta objek wisatanya yang bernuansa pegunungan, tak heran rasanya kalau Waduk adalah salah satu wisata air yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah dan tak pernah sepih pengunjung.

Objek Wisata Waduk Darma
Objek Wisata Waduk Darma

Ada beragam fasilitas yang tersedia di objek wisata yang satu ini yang dapat Anda nikmati yaitu daiantaranya penginapan, bumi perkemahan,wahana outbond seperti flyingfox, kolam renang anak, serta wisata air seperti berperahu rakit dan memancing.

Berperahu Di Waduk Darma

Mengelilingi danau dengan menggunakan perahu motor atau rakit adalah hal yang paling menyenangkan yang dapat kita nikmati di Waduk Darma ini. Kita bisa menyusuri seluk beluk Waduk Darma, melihat daengan jaring terapung. Jangan lupa bawa hp atau kamera Anda untuk mengambill dan mengabadikan pemandangan alam yang indah lewat foto hp atau kamera Anda.

Memancing Di Waduk Darma

Bagi pengunjung yang memilki hobi memancing, Waduk Darma merupakan spot menarik dengan berbagai ikan tawar yang cukup banyak, seperti ikan mas, mujair dan tawes. Umumnya ikan di sini adalah ikan yang lepas dari jaring terapung milik warga. Anda dapat memancing di sepanjang tepi danau, atau jikalau Anda mempunyai dana yang berlebih Anda dapat menyewa perahu motor untuk memancing jauh ketengah-tengah danau.

Berkemah Di Waduk Darma

Bagi pengunjung yang hobi berpetualang atau mungkin berwisata hemat maka berkemah adalah pilihan yang tepat, beragam fasilitas di sekitar perkemahan juga sudah memadai. Anda dapat menyewa tendanya dan mulailah Anda berkemping. Matahari terbit dan senja hari disertai pemandangan alam yang indah adalah suasana yang paling romantis yang dapat Anda nikmati di sini.

Gimana tertarik dengan wisata air yang satu ini, tunggu apa lagi langsung saja datang ke daerah Kabupaten Kuningan Jawa Barat sebelum Anda menyessal loh. Sudah dulu yah informasi yang dapat saya sampaikan lewat artikel ini, semoga artikel mengenai Waduk Darma Objek Wisata Bernuansa Pegunungan ini dapat menjadi opsi Anda dalam mengunjungi salah satu tempat wisata di suatu daerah.