Munculnya Kerajinan Kerang Laut

Uniknya Kerajinan Kerang Khas Cirebon

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu kerajinan yang ada di Cirebon. Tak ada habisnya, kita akan mengulas sedikit demi sedikit. Cirebon, salah satu kerajinan khasnya yang akan kita bahas adalah kerajinan kerang. Uniknya Kerajinan Kerang Khas Cirebon ini membuat kita semakin penasaran. Apa saja sih keunikan dari kerajinan kerang tersebut.

 

Munculnya Kerajinan Kerang Laut

Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak pulau, dan diperairan Indonesia juga banyak tersebar spesies kerang yang beraneka ragam hidup di lautan. Kita harus bersyukur memiliki negara yang kaya akan keanekaragaman makhluk hidupnya itu. Salah satu binatang yang hidup di perairan pantai yaitu kerang, atau nama latinnya adalah hewan Molusca (hewan air lunak yang memiliki cangkang).

 

Uniknya  Kerajinan Kerang Khas Cirebon
Munculnya Kerajinan Kerang Laut

 

Kerajinan kerang adalah salah satu kerajinan yang cukup dikenal terutama di Cirebon, banyak yang mulai terjun untuk memanfaatkan kulit kerang. Sebab saking banyaknya kulit kerang yang terdampar begitu saja di pantai-pantai, menjadikannya limbah yang notabennya tak berguna. Tapi, justru itu adalah menjadi salah satu awal muculnya kerajinan kerang. Munculnya ide dan inovasi untuk memanfaatkan kulit kerang menjadi barang yang lebih berguna, dan terciptalah kerajinan ini. Para pengrajin mengolah kulit kerang yang terdapar di pantai, dan dengan kreativitas si pengrajin maka dibuatlah suatu kerajinan yang bernilai tinggi di pasaran.

 

Pemanfaatan dari Limbah Kulit Kerang

Kulit kerang terbagi menjadi dua, yaitu kulit kerang betina dan jantan. Kerajinan kerang yang biasa digunakan adalah kulit kerang yang memiliki tekstur unik dan berpola. Biasanya yang banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan kerang ini memakai kulit kerang betina. Karena kulit kerang betina memiliki ketebalan dan tidak mudah rapuh. Kulit kerang banyak juga dijumpai di restauran sea food, yang tentunya tidak terpakai dan menjadi limbah. Maka dari itu, banyak pula yang memanfaatkan kulit kerang ini menjadi sebuah kerajinan yang unik. Tak heran, untuk membuat kerajinan kerang ini tak begitu sulit, semua bentuk kreativitas dapat dituangkan dengan keuletan dan tekun dalam membuatnya. Bagi yang ingin mencoba membuat kreasi sendiri dari kulit kerang dapat dilakukan walau dengan bahan yang sederhana, dan jangan ragu untuk membuatnya sesuai kreativitas.

Sebenarnya kerjinan kulit kerang ini sudah ada sejak dulu, banyak pengrajin yang membuat untuk dimainkan oleh anak-anak, biasanya berbentuk menyerupai hewan yang lucu dan cara membuatnya pun sederhana, yaitu dengan teknik tempel saja. Namun seiring berkembangnya tekhnologi, kerajinan ini berinovasi membuat hasil yang lebih luar biasa indah.

 

Pemanfaatan  dari Limbah Kulit Kerang
Pemanfaatan dari Limbah Kulit Kerang

Kulit kerang ini bisa diolah menjadi aneka aksesoris atau hiasan berkilau, bahkan hiasan rumah sekalipun. Kreasi yang paling digemari adalah membuat hiasan kerang, kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Aksesoris yang berbahan dasar kulit kerang ini cukup mudah untuk membuatnya. Contohnya saja hiasan dalam bentuk cincin, kalung, gantungan kunci, bahkan bisa dibuat sebagai bros.

 

Contoh Kerajinan Kerang dan Cara Membuatnya

Untuk membuat sebuah kerajinan kerang memerlukan beberapa tahapan, ini adalah contoh pembuatan kerajinan kerang hias tempel, berikut langkah-langkahnya :

  • Siapkan kulit kerang, dan aksesoris tambahan. Pilihlah cangkang kerang yang sesuai bentuk dan ukuran.
  • Bersihkan kulit kerang menggunakan air yang mengalir. Kemudian rendam dalam larutan natrium soda untuk menghilangkan sisa-sisa daging dan kotoran kerang serta baunya juga ikut larut dalam larutan tersebut.
  • Kemudian keringkan kulit kerangnya, agar kualitas kerang terjaga dengan baik.
  • Setelah itu kita bisa membentuknya sesuai keinginan, bisa dikikir, mengamplas, ataupun memotongnya sesuai bentuk.
  • Kulit kerang siap untuk dibentuk menjadi kreasi yang lucu dan unik.

 

Contoh Kerajinan Kerang dan Cara Membuatnya
Contoh Kerajinan Kerang dan Cara Membuatnya

 

Hasil dari limbah kulit kerang ini adalah kerajinan yang disukai banyak orang karena keunikannya. Masih banyak karya yang bisa dibuat dari kulit kerang ini, apalagi untuk kulit kerang yang berukuran kecil, bisa dibuat menjadi hiasan frame photo, kotak tisu, hiasan kap lampu, dan lainnya.

 

Rumah Kerang Multi Dimensi Cirebon

Di Cirebon sendiri sudah ada pusat kerajinan kulit kerang, jika Anda sedang berada di Cirebon maka tidak ada salahnya berkunjung ke Rumah Kerang yang menjadi pusat kerajinan kerang khas Cirebon. Rumah Kerang merupakan sebuah CV yang bernama Multi Dimensi Shell Craft. CV ini merupakan pusat dari kerajinan kerang hias khas dari Cirebon yang memiliki berbagai macam kerajinan tangan seperti furniture, hiasan kamar, rumah, cermin, lampu hias dan lain-lain. Rumah Kerang yang berlokasikan di jalan Ki Ageng Tapa Desa Astapada, Kabupaten Cirebon – Jawa Barat ini banyak didatangi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

 

Rumah Kerang Multi Dimensi Cirebon
Rumah Kerang Multi Dimensi Cirebon

 

Kerajinan Kerang CV Multi Dimensi

CV Multi Dimensi ini adalah satu-satunya perusahaan yang berorientasi pada kerajinan kerang, pemasaran produk kulit kerang hias yang sampai mengekspornya ke luar negeri seperti, Asia, Eropa, dan Amerika. Pemilik rumah kerang yang bernama Nur Handiah Jaime Taguba mulai merintis bisnisnya itu sejak tahun 2000. Pada Awalnya hanya mengekspor kulit kerang simping saja yang belum diolah. Hingga di tahun 2004 perusahaannya mulai mencoba mengolah sendiri kulit kerang menjadi barang kerajinan yang bernilai tinggi dan dapat memberikan lapangan pekerjaan. Produk yang dihasilkan memiliki keunikan tersendiri, ada yang berwarna alami, silver dan bening. Ada juga yang berwarna keemasan, akibat dari proses pengolahannya. Atau ada juga kerang yang berwarna-warni karena diberi pewarna tertentu. Banyak pelanggan yang memesan kerajinan kerang khas Cirebon ini, biasanya untuk hiasan di rumah, kamar atau sebagai pajangan.

 

Nah, bagaimana sobat, ternyata kulit kerang ada manfaatnya juga kan? Selain bisa mengurangi limbah kulit kerang, disisi lain juga bisa menjadi barang yang sangat menguntungkan dan bernilai jual tinggi. Tergantung dengan kreativitas yang membuatnya bernilai. Mungkin sampai disini saja, semoga ulasan Uniknya Kerajinan Kerang Khas Cirebon ini dapat bermanfaat banyak bagi semuanya. Bisa menginspirasi kita untuk berfikir lebih maju lagi.