Telaga Remis Pesona Alam Yang Memanjakan Mata

Telaga Remis Pesona Alam Yang Memanjakan Mata

Bagi kalian yang ingin berwisata alam namun masih bingung mencari tempat yang pesona alamnya masih terjaga, kalian bisa datang ke Telaga Remis yang berada di Kabupaten Kuningan.

 

Mengapa saya merekomendasikan tempat ini, karena memang seperti yang sedang kalian cari, bahwa tempat wisata alam ini masih terjaga pesona alamnya yang berani saya jamin bisa memanjakan mata kalian. Untuk itu mari kita mengenal sedikit lebih jauh tentang Talaga Remis.

 

Telaga Remis

Telaga Remis
Telaga Remis

Seperti yang saya jelaskan sedikit diatas bahwa Telaga Remis adalah salah satu objek wisata alam yang ada di Kabupaten Kuningan. Telaga Remis ini adalah sebuah danau yang letaknya di kaki gunugn Ciremai yang tepatnya berada di Desa Kaduela, kecamatan Pasawahan Kab. Kuningan, yang bila kita hitung jaraknya berkisar ±37 km dari pusat kota Kuningan dan sekitar 12 KM dari Kota Cirebon. Penamaan Telaga Remis ini mempunyai arti tersendiri dimana nama telaga diambil dari Bahasa Sunda yang berarti telaga dan kata remis yang diambil dari nama binatang remis, yakni sejenis kerang bewarna kuning yang banyak hidup disekitar telaga ini.

 

Rute Menuju Lokasi

Rute menuju lokasi tidaklah sulit. Akses jalan yang cukup bagus yang apabila melewati Desa Cikalahang kalian hanya melihat beberapa bagian dari jalan yang sedikit berlubang. Jarak dari kota Kuningan sendiri kurang lebih sekitar 37 KM. Akan jauh lebih dekat bila kalian datang dari arah Cirebon yang hanya sekitar 12 Km. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju arah Kab. Majalengka. Jika kalian sudah memasuki kawasan kerajinan Batu Bobos yang berarti kalian telah dekat dengan lokasi, maka turunkan kecepatan kendaraan kalian. Ketika berjumpa di Perempatan Cikalahang kalian akan melihat papan petunjuk yang mengarah ke sebelah kiri dimana bertuliskan Objek wisata Telaga Remis. Kalian cukup Ikuti jalan itu hingga kalian sampai di Balai Desa Cikalahang. Lalu belok kiri sekitar 500 meter, kemudian kalian akan melihat adanya papan petunjuk menuju ke lokasi Telaga Remis yang menunjuk ke arah sebelah kanan. Ikutilah jalan tersebut sampai kalian memasuki gerbang masuk di Objek Wisata Telaga Remis. Disini kalian cukup sediakan uang sejumlah Rp. 7500,00/orang sebagai retribusi masuk objek wisata. Kalian bisa memarkirkan kendaraan kalian, kurang lebih sekitar 500 meter setelah masuk gerbang.

 

Kondisi Alam Yang Asri

Tidak hanya Telaga Remis, dikawasan ini pula terdapat telaga lain yang juga bisa kita jumpai, setidaknya terdapat 8 telaga yaitu : Telaga Buruy, Telaga Deleg, Telaga Leat, Telaga Leutik, Telaga Nilem, Telaga Tespong, Situ Ayu Salintang, dan Sumur Jalatunda. Objek wisata alam Telaga Remis ini menyimpan keanekaragaman flora dan fauna, yang terdapat kurang lebih 160 jenis tumbuhan yang diantaranya malaka, dan lain-lain. Yang menjadi salah satu daya tarik dari tempat objek wisata alam ini adalah terdapat satu jenis tumbuhan langka yaitu Pisang Hyang yang membuat objek wisata ini cukup terkenal baik di dalam negeri maupun mancanegara.

 

Telaga remis ini merupakan perpaduan antara air telaga yang berning, jernih seperti kaca serta pesona alam pegunungan hutan dan udaranya yang sejuk memantang kita untuk berwahana wisata untuk sedikit menguak misteri hutan ini. Kita juga bisa meng-eksplor telaga ini menggunakan fasilitas yang tersedia seperti sepeda air, perahu motor, jalan setapak dan saung untuk berhenti sejenak untuk bersantai melihat-lihat pesona alam nya sambil menikmati jajanan yang tersedia.

Sepeda Air
Sepeda Air

 

Menikmati Suasana Wisata Telaga Remis

Sungguh masih asri telaga ini, saking alaminya. Air telaga yang bening berwarna hijau benar-benar sebening kaca. Bahkan pohon-pohon yang tumbuh disekitar telaga seperti dicerminkan oleh air telaga tersebut. Ditepi danau, pohon pinus berdiri dengan tegak dan rindang. Angin semilir dan sejuk memang menambah suasana hati menjadi semakin “waahh” mengagumi keindahan ciptaan-Nya.

Telaga Remis Yang Masih Asri
Telaga Remis Yang Masih Asri

Untuk mengelilingi telaga keseluruhan, kita bisa mulai berjalan ke arah sebelah kiri. Setelah menuruni tangga mungkin kalian akan langsung tepaku pada beningnya air danau yang berwarna hijau. Benar-benar bening, dan kita bisa melihat didalamnya terdapat banyak sekali ganggang hijau dan ikan. Kemudian kalian bisa menyebrangi telaga ini dengan melewati jembatan yang sengaja dibangun. Dari sini nampaklah keseluruhan bagian dari telaga ini. Disekitar telaga ada beberapa orang yang memanfaatkannya untuk makan lesehan bersama dengan teman atau keluarga yang mereka aja. Sungguh harmonis dan nikmat kelihatannya. Selain itu kita bisa melihat ada pasangan atau keluarga yang menaiki sepeda air untuk berkeliling telaga bersama anak-anak mereka. Betul-betul terlihat harmonis.

Keluarga Menaiki Sepeda Air
Keluarga Menaiki Sepeda Air

Bagaimana ? Tertarik untuk segera berkunjung ke Telaga Remis untuk menikmati pesona alamnya yang memanjakan mata bersama dengan teman, pasangan dan keluarga kalian ?

 

Sekian artikel dari saya sedikit informasi tentang Telaga Remis Pesona Alam Yang Memanjakan Mata. Semoga menjadi info dan referensi bagi kalian yang ingin datang dan berkunjung.