Sate Kalong Kuliner Enak Khas Cirebon

Hy bertemu lagi kembali lagi dengan saya, saya akan menyampaikan artikel terbaru saya khusus untuk Anda tentunya. Di artikel ini saya akan memberikan sebuah informasi terbaru yang mengenai salah satu kuliner terkenal di Cirebon yang unik serta lezat dan enak pastinya. Cirebon adalah salah satu daerah yang ada di Jawa Barat Indonesia. Seiring berkembangnya Kota ini dan juga banyaknya perbaikan di Cirebon serta semakin mudahnya akses menuju kota Cirebon membuat destinasi wisata di sana sudah semakin maju dan sudah mulai menarik wisatawan untuk dating berkunjung ke Cirebon. Bagi Anda yang berkunjung di Cirebon kurang lengkap rasanya jikalau Anda tidak mencicipi makanan khas dari Cirebon ini. Apa lagi wisata kuliner di Cirebon ini selain terkenal rasanya yang enak juga harganya pun murah meriah.

Nah kebetulan saya akan membahas salah satu makanan khas Cirebon yang popular yaitu sate kalong, penasaran tentang cita rasa dan juga bahan-bahan apa yang membuat makanan ini sangat enak, di sini saya akan membahas tentang sate kalong kuliner enak khas Cirebon  tersebut dari mulai sejarah sate kalong, resep membuat sate kalong sampai tempat penjual sate kalong di Cirebon.

 

Sejarah Sate Kalong

Sate Kalong merupakan salah satu makanan khas dari Cirebon. Walaupun namanya adalah sate kalong namun bahan dasar dari sate kalong ini bukanlah berasal dari daging kelelawar melainkan dari bahan dasar daging kerbau. Sate ini memilki cita rasa yang manis, hampir mirip seperti dendeng. Alasan atau awal mula diberi nama sate kalong yaitu karena, penjual sate tersebut hanya keluar pada saat sore hari atau saat matahari tenggelam (seprti halnya kalong yang keluar pada saat matahari tenggelam) dan penjual tersebut berjualan sepanjang malam.Penjual sate tersebut juga memilki ciri khas tersendiri yaitu mengantungkan genta (klenengan) sapi pada pikulan si penjual tersebut. Sehingga pada saat mereka berjalan akan terdengar bunyi genta sapi tersebut.

Sate Kalong Kuliner Enak Khas Cirebon
Sejarah Sate Kalong

 

Mengapa sate kalong dibuat dari daging kerbau, selain untuk membuat perbedaan dari sate yang lainnya, juga karena konon dahulu masih cukup banyak orang yang memeluk agama hindu di wilayah Cirebon. Oleh sebab itu untuk menghormati bagi mereka yang tidak memakan daging sapi, dipilihlah daging kerbau tersebut untuk dijadikan daging sate.

 

Resep Membuat Sate Kalong Yang Enak

Berikut ini adalah resep dan cara membuat masakan sate kalong yang merupakan salah satu makanan khas Cirebon, semoga bisa bermanfaat dan juga memudahkan Anda dalam memasak :

Resep Membuat Sate Kalong Yang Enak
Resep Membuat Sate Kalong Yang Enak

 

 

Bahan-bahannya :

  • 500 gram daging sapi
  • Air asam jawa 50 ml
  • Minyak goreng 2 sendok makan
  • Gula merah 75 gram
  • Daun salam Lenkuas

 

Untuk bumbu-bumbu yang dihaluskan :

  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah sebanyak 5 Butir
  • Garam sebanyak 1 sdt
  • Ketumbar sebanyak 2 sendok makan

 

Untuk bahan olesannya :

  • Gula merah 2 sendok maka
  • Kecap manis 6 sendok makan

 

Cara membuat sate kalong :

  1. pertama-tama siapkan terlebih dahulu wajan dan panaskan minyak lalu tumislah bumbu yang sudah di dihaluskan seperti lengkuas dan daun salam hingga tercium bau wangi. Kemudian tambahkan gula merah dan air asam jawa, aduk hingga rata serta sampai gulanya larut. kemudian matikan apinya dan campurkan dagingnya lalu aduk hingga rata.
  2. Setelah daging sudah dicampurkan kemudian tusuk daging dengan tusukan sate, lalu susunlah dagingnya secara rapih ketika menusuk daging tersebut. Setelah selesai ditusuk lalu campurkan bumbu sisa tumisan daging dan bumbu olesan yang tadi. Sebelum sate dibakar, celupkan terlebih dahulu daging atau sate ke dalam olesan tadi.
  3. Bakar sate tersebut dengan menggunakan api yang sedang supaya mtangnya rata dan juga sempurna, sambil satenya dibakar olesi sate tersebut dengan sambal kacang supaya bumbunya bisa meresap dan hasilnya lebih lezat dan nikmat.
  4. setelah matang, lalu angkat sate tersebut dan letakkan ke atas piring.

 

Tempat Penjual Sate Kalong

Sate kalong memang kuliner yang sangat menarik untuk di coba oleh para wisata kuliner pada saat berjalan-jalan dimalam hari di kota Cirebon karena makanan ini merupakan makanan khas dari Cirbon yang di jamin enak cocok untuk memanjakan lidah Anda apa lagi kalau sedang  ada cuaca yang dingin memakan sate yang hangat sangatlah pas bagi Anda untuk menyantapnya.

 

Tempat Penjual Sate Kalong
Tempat Penjual Sate Kalong

Lokasi tempat penjualan sate kalong tersebut yaitu berada di Jalan Kesambi Dalam, Cirebon. Orang yang berjualan sate kalong di Jalan Kesambi ini hanya menyediakan 2 macam rasa sate kalong yakni : rasa manis dan rasa asin. Rasa manis dari sate kalong ialah diambil dari daging kerbau, sedangkan  yang rasa asinnya diambil dari kikilnya kerbau. Harga dari sate tersebut adalah 9 ribu rupiah per 10 tusuk sate kalong.

 

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai artikel Sate Kalong Kuliner Enak Khas Cirebon beserta Sejarah Sate Kalong, Resep Membuat Sate Kalong Yang Enak dan Tempat Penjual Sate Kalong ini, semoga informasi ini dapat memudahkan pembaca dalam memilih tempat wisata kuliner yang tepat atau bahkan dapat dijadikan pengetahun Anda dalam memasak sate kalong tersebut.