Pesona Curug Cikaso Yang Mengagumkan

Pesona Curug Cikaso Yang Mengagumkan

Ketika kita melakukan petualangan wisata alam yang seru di suatu daerah itu sih sudah biasa, namun berpetualang yang hanya bertujuan untuk merasakan keseruannya saja tanpa merasakan ketenangan dan juga kesejukan akan air yang jernih di suatu daerah mungkin jarang Anda lakukan selama liburan Anda. Curug Cikaso  yang terdapat tiga air terjunnya yang begitu mempesona dan mengagumkan, bersama pemandangan alam yang begitu indah dengan suara air yang terdengar alami. Kkurasa tempat ini cocok bagi Anda yang bertujuan untuk menenangkan hati dan jiwa Anda.

Apa saja sih yang membuat Curug Cikaso begitu mempesona dan mengagumkan. Penasaran bukan, akan pesona wisata alam air terjun Curug Cikaso di Sukabumi yang begitu indah. Nah, Dalam artikel terbaru saya ini, saya akan menyampaikan sedikit informasi yang saya ketahui mengenai Pesona Curug Cikaso Yang Mengagumkan.

 

Sejarah Curug Cikaso

Curug Cikaso yang dalam bahasa Indonesia artinya air terjun Cikaso yang juga dikenal sebagai Curug Luhur ini adalah salah satu air terjun terindah yang terdapat di Jawa Barat. Air terjun yang terletak di selatan Kabupaten Sukabumi ini, dalam masyarakat sekitar lebih dikenal dengan nama Curug Cikaso. Karena aliran air yang terdapat di Curug Cikaso berasal dari anak sungai Cikaso.

Pesona Curug Cikaso Yang Mengagumkan
Sejarah Curug Cikaso

Air terjun ini berlokasi di pesisir barat daya pulau Jawa, tepatnya di kampung cintri, desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug Cikaso memilki tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi yang masing-masing air terjun mempunyai namanya masing-masing. Air terjun yang sebelah kiri benama Curug Asepan, air terjun di bagian tengah bernama curug Meong dan air terjun yang sebelah kanan bernama Curug Aki. Kedua titik air tejun yang terdapat di Curug Cikaso dapat terlihat dengan jelas namun yang satunya agak tersembunyi. Ketiga Curug ini memilki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 meter. Di bagian bawah air terjun ini juga terdapat kolam warna dengan air hijau kebiru-biruan. Aliran dari kolam ini berlanjut ke Muara Tegal Buleud, Kabupaten Sukabumi.

 

Keindahan Panorama Wisata Alam Curug Cikaso

Curug Cikaso yang tedapat tiga air terjun yang berdekatan dalam satu lokasi denagn airnya yang begitu sejuk dengan air berwarna hijau kebiru-biruan dan dikelilingi pohon yang rindang membuat air terjun ini terlihat sangat mengagumkan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini khususnya Anda.

Keindahan Panorama Wisata Alam Curug Cikaso
Keindahan Panorama Wisata Alam Curug Cikaso

Di Curug Cikaso, Anda juga bisa merasakan ketenangan dalam berkunjung di daerah ini, Karena suasana alam di daerah ini masih sangat alami, di tambah lagi dengan suara di kolam Curug yang terdengar asli. Membuat kita terasa menyatu dengan alam. Selain itu, kita juga bisa berenang di kolam tersebut namun perlu akan pengawasan dari penjaga kolam tersebut, karena kolam Curug ini cukup dalam yaitu dengan memliki kedalaman sebesar 15 meter.

 

Akses Menuju Curug Cikaso Dan Tiket Masuknya

Air terjun Cikaso bejarak tempuh sekitar 8 kilometer dari Surade, 15 kilometer dari Jampang Kulon,32 kilometer dari Ujung Genteng dan berjarak sekitar 110 kilometer dengan kota Sukabumi serta berjarak sekitar 70 kilometer dari Palabuhanratu. Jika kita mengunjungi tempat ini dari kota Sukabumi, maka jalan menuju Curug Cikaso searah dengan jalur Pantai Ujung Genteng. Dari Sukabumi menuju Jampang Kulon lalu dilanjutkan ke arah Surade.

Sebelum Anda sampai ke Surade, di pertigaan Anda berbelok dan memasuki jalan Cikaso. Keadaan jalan menuju air terjun ini kurang baik dan cukup menantang yakni banyaknya badan jalan yang rusak dan juga medannya yang cukup berat, seperti tanjakan yang curam, tikungan. Maka dari itu, sebelum Anda menuju ke Cikaso, pastikan terlebih dahulu kondisi kendaraan Anda dalam keadaan baik atau tidak.

Akses Menuju Curug Cikaso Dan Tiket Masuknya
Akses Menuju Curug Cikaso Dan Tiket Masuknya

Ada dua opsi yang bisa Anda pilih dalam perjalanan menuju Curug Cikaso setelah Anda memarkirkan kendaraan Anda di tempat khusu wisatawan. Melanjutkan perjalanan Anda dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih satu kilometer, atau mungkin dengan menyewa perahu melalui jalur sungai dengan tarif Rp. 60.000/perahu yang berkapasitas sepuluh oang. Apabila Anda menyewa seorang pemandu tariff yang Anda bayar berkisar Rp. 50.000 hingga Rp.70.000.

 

Adapun harga tiket masuk Curug Cikaso Sukabumi yaitu sebagai berikut :

  • Berkendaraan Mobil sebesar Rp 27.000 per mobil di tambah parkir Rp 6.000
  •  Pejalan Kaki sebesar Rp 3.000
  •  Tarif kebersihan sebesar Rp 2.000
  •  Tarif Sewaan perahu sebesar Rp 60.000
  • Toilet sebesar Rp 2.000

 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Pesona Curug Cikaso Yang Mengagumkan. Beserta Sejarah Curug Cikaso, akan Keindahan Panorama Wisata Alam Curug Cikaso, serta Akses Menuju Curug Curug Cikaso Dan Tiket Masuknya. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan tentang keindahan alam yang ada di bumi pertiwi ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf.