Oleh-Oleh Khas Kuningan Yang Sering Diburu Wisatawan

Oleh-Oleh Khas Kuningan Yang Sering Diburu Wisatawan

Setelah kita puas berwisata tentu saja tidak lengkap bila kita tidak berburu oleh-oleh atau makanan khas tempat kita berwisata. Begitu pula ketika kita pulang dari kuningan tentu kita membawa seabrek oleh-oleh dari mulai raginang, peuyem, jeniper, opak bakar, keripik pisang dsb. Maka dari itu bila kalian pulang sudah pasti membawa tas ekstra yang nantinya khusus digunakan untuk tempat oleh-oleh.

 

Sebenarnya beberapa oleh-oleh makanan khas Kuningan bisa kita jumpai juga didaerah lain. Bahkan sangat lazim disebut sebagai jajanan pasar. Mungkin jenisnya sama tetapi rasa dan namanya berbeda. Namun ada pula yang benar-benar asli khas dari Kuningan. Lalu apa saja makanan kudapan/ camilan oleh-oleh khas dari Kuningan itu. Mari kita sedikit mengenal Beberapa diantaranya :

Raginang/Rengginang

Raginang atau Rengginang
Raginang atau Rengginang

Raginang adalah salah satu makanan khas Kuningan sejenis keripik yang bahan dasarnya terbuat dari beras ketan yang sudah dikukus dengan rempah tertentu kemudian dibentuk bulat pipih lalu dikeringkan/dijemur kemudian digoreng. Disamping rasa originalnya yang asin ataupun manis, sekarang kalian bisa mencoba berbagai rasa lain dari Raginang yang sudah tersedia seperti rasa pedas, keju dan rasa lainnya yamg membuat Ranging bisa dinikmati ole semua kalangan. Raginang aneka rasa ini bisa kalian temukan di toko oleh-oleh khas Kuningan yang sudah dibungkus dengan kemasan plastik.

 

Tahu Lamping

Tahu Lamping
Tahu Lamping

Tahu lampiang adalah tahu khas asli Kuningan, sedikt berbeda bila dibandingkan dengan tahu sumedang yang tahu nya gurih namun tidak padat, sedangkan tahu Kuningan ini lebih padat dan berisi selain itu memiliki rasa gurih yang khas. Proses pembuatannya yang menggunakan mata air di desa Cigadung yang berada di lamping (lereng) gunung Ciremai lah yang konon menjadikan rasa tahu ini khas berbeda dengan tahu yang lain. Salah satu tempat untuk mendapatkan tahu yang cukup terkenal ini adalah tahu lamping Kopeci (Koperasi Pemuda Cigadung) berada di Jl. Veteran Jagabaya.

 

Peuyeum Ketan

Peuyeum Ketan
Peuyeum Ketan

Dari namanya saja pasti kalian sudah tahu kalau peuyeum atau tape ini terbuat dari beras ketan, yang biasanya menggunakan ketan putih atau ketan hitam sebagai bahan dasarnya. Beras ketan ini dikukus kemudian diberi aroma yang digunakan dari beberapa daun khusus yang kemudian difermentasi menggunakan ragi lalu dibungkus menggunakan daun jambu air. Membutuhkan waktu 3-4 hari sampai peuyeum ketan ini matang dan siap untuk dikonsumsi. Selain dari bahannya yang berbeda dari peuyeum umumnya yang menggunakan singkong sebagai bahan dasarnya, rasanya yang khas dan aromanya yang unik, peuyeum ketan Kuningan ini juga biasanya disimpan dalam kemasan ember hitam berukuran sedang dan berisi sekitar 100 buah peuyeum, namun demikian sekarang sudah ada pula peuyeum yang menggunakan kemasan kardus kecil maupun plastik. Salah satu peuyeum ketan yang terkenal adalah peuyeum ketan Cibeureum dengan merk Pamella.

 

Papais

Papais
Papais

Papais adalah makanan khas Kuningan yang bahan dasarnya juga menggunakan beras ketan atau ketela pohon yang dibungkus dengan daun pisang yang kemudian dikukus. Dua papais yang berbeda bahan dasar ini juga memiliki beberapa varian berbeda. Untuk papais yang berbahan dasar beras ketan yang memiliki beberapa varian seperti papais bugis yang berisi adonan parutan kelapa dan gula aren, lalu ada pula papais yang berisi enten kacang hijau berbentuk kerucut yang disebut dengan Papais Monyong, papais berwarna hijau yang berisi enten gula merah dan parutan kelapa yang disebut dengan papais Koci dan papai tanpa isi berwarna merah yang disebut dengan Papais Beureum. Sedangkan untuk papais berbahan dasar ketela pohon ada dua varian yaitu Papais nagasari yang berisi buah pisang atau papais tanpa isi yang rasanya asin.

 

Awug

Awug
Awug

Awug ini adalah makanan khas Kuningan yang terbuat dari parutan kelapa, tepung beras, gula merah dan daun pandan. Berbentuk seperti tumpeng menyerupai gunung kecil. Rasanya manis dan berserat.

 

Bagaimana ? Lezat-lezat bukan beberapa oleh-oleh/makanan yang saya bahas diatas. Semoga menjadi info ataupun referensi bagi kalian yang ingin berwisata dan sedang bingung oleh-oleh apa yang ingin kalian bawa ketika pulang setelah berwisata.

 

Sekian artikel saya tentang Oleh-Oleh Khas Kuningan Yang Sering Diburu Wisatawan. Sampai jumpa  di lain kesempatan.