Oleh Oleh Khas Kota Cirebon

Jalan-jalan di suatu daerah tak lengkap rasanya kalau tidak membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah. Kali ini kita berjalan-jalan ke kota Cirebon, di kota Cirebon terdapat beranekaragam jenis oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang yang mungkin tidak ada di kota lainnya.

Oleh-oleh yang terdapat di Kota Cirebon ini antara lain batik khas Cirebon dan makanan-makanan khas Cirebon yang pastinya buat Anda tak menyesal jalan-jalan ke Cirebon dan di jamin membuat Anda ketagihan serta tidak membuat Anda bosan dalam berwisata di kota Cirebon ini.

 

 

Batik Khas Cirebon

Cenderung mengikuti atau memenuhi selera konsumen dari berbagai daerah (mengarah pada pemenuhan komoditas perdagangan dan komersialitas) merupakan karakteristik batik khas Cirebon. Oleh sebab itu warna-warna batik Cirebonan pesisiran lebih atraktif dengan menggunakan warna.

 

Oleh Oleh Khas Kota Cirebon
Batik Khas Cirebon

 

Batik bermotif mega mendung adalah salah satu oleh oleh khas kota Cirebon yang sangat terkenal. Motif mega mendung memilki warna dasar, warna dasar yaitu melambangkan tanah untuk hidup yang menurut islam manusia itu di ciptakan dari sari patih tanah. Sifat tanah ini membawa kedamaian, ketentraman dan tidak pandang bulu sama rata sama rasa. Warna dasar dari motif mega mendung sendiri adalah warna utama dan warna gradasi.

 

 

Makanan Khas Kota Cirebon

Selain mambawa oleh-oleh rasanya kurang lengkap rasanya kalau kita jalan jalan di Cirebon tanpa mencicipi masakan khas dari Kota tersebut. Di Cirebon sendiri terdapat berbagai macam makanan khas yang pastinya cocok dengan lidah Anda. Berikut beberapa makanan khas Kota Cirebon :

 

 

Nasi Jamblang

Makanan khas yang terdapat di kota Cirebon diantaranya yaitu Nasi Jamblang, makanan ini di sajikan di dalam daun jati dengan lauk pauk bermacam-macam.

 

Nasi Jamblang
Nasi Jamblang

 

Biasanya para penjual nasi Jamblang ini buka selama 24 jam dan kawasan yang cukup banyak populasi penjual nasi Jamblang tersebut adalah kawasan Gunung Sari. Gunung Sari merupakan terdapat populasi penjual yang paling terkenal yaitu Nasi Jamblang Mang Dul.

 

 

Empal Gentong

Salah satu makanan khas Cirebon yang terkenal adalah Empal Gentong, makanan ini seperti soto yang berkuah dan bersantan serta dipenuhi daging. Lontong dan nasi biasanya yang menjadi pelengkap penyajian dari Empal Gentong. Adapun yang membuat khas dari empal ini yaitu wadah kuahnya yang di taruh di gentong oleh karena itu empal ini dinamakan empal gentong.

 

Empal Gentong
Empal Gentong

Sementara Empal itu sendiri merupakan potongan-potongan dari daging. Cara memasak empal gentong masih tradisional yakni masih menggunakan kayu bakar, sambal dari empal gentong terbuat dari saripati cabai merah kering yang ditumbuk.

 

 

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot merupakan salah satu makanan ringan yang terkenal yang ada di Cirebon. Tahu gejrot adalah makanan yang berupa tahu yang dipotong kecil-kecil yang di taruh di atas piring kecil yang terbuat dari tanah liat yang kemudian disajikan dengan bawang merah dan bawang putih, cabai yang diulek yang kemudian ditambahkan dengan bumbu gula merah.

 

Tahu Gejrot
Tahu Gejrot

 

tahu yang di gunakan pada tahu gejrot biasanya adalah jenis tahu yang seperti tahu Sumedang akan tetapi sedikit berbeda karena tahu ini isinya lebih sedikit sehingga terlihat kosong. Adapun alasan mengapa makanan ini diberi nama tahu gejrot, sebab dikarenakan bumbu cair yang digunakan sebagai penyedap dialirkan lewat botol dengan cara diguncangkan sehingga tibullah bunyi “gejrotberulang kali, dari bunyi inilah nama tahu gejrot itu diberi.

 

 

Tempat Oleh Oleh Khas Kota Cirebon

Adapun tempat oleh-oleh khas kota Cirebon yang bisa Anda kunjungi ketika berkunjung di kota Cirebon ini yaitu sebagai berikut :

 

  • Batik Trusmi adalah Batik Trusmi merupakan sentra batik terbesar di Cirebon yang memiliki motif yang sangat khas yaitu megamendung. Nama Trusmi sendiri diambil dari nama tokoh penyebar agama islam di Trusmi yaitu Ki Gede Trusmi  dan dijadikan pula nama desa daerah tersebut. Pusat Grosir Trusmi terletak di Jalan Trusmi Kulon No. 148. Plered.
  • Toko Daud adalah Toko ini menyediakan kerupuk, terasi,cemilan manis dan batik. Harga barang di took ini banderol mulai dari 5 ribu rupiah sampai dengan 40 ribu rupiah. Anda juga dapat meminta potongan harga jika Anda membeli oleh-oleh banyak di toko. Toko Daud terletak di Jalan Sukalila Utara No 40 yang letaknya lumayan dekat dengan Pasar Pagi Cirebon.
  • Toko Pangestu adalah Toko ini berdiri pada tahun 1992 yang pada awalnya buka di Pasar Pagi, sebelum toko ini berkembang dan pindah ke alamat yang sekarang. Toko ini menyediakan beragam oleh-oleh yaitu diantatranya abon udang ebi , terasi, dengdeng udang, petis, sirup campolay, kerupuk rambak, rengginang, dan tape ketan kuningan. Toko ini terletak di Jalan Sukalila Selatan No.49, yang tempatnya cukup berdekatan dengan Toko Daud dan Pasar Pagi Cirebon.
  • Pasar Kanoman adalah Pasar ini terletak di kawasan kota tua Cirebon di Jalan Kanoman. Pasar Kanoman merupakan pasar yang menjual berbagai makanan khas Cirebon yang selain lezat juga harganya yang murah dan terjangkau, seperti blakutak, ikan pari asap, dan cumi bulat gemuk yang begitu nikmat. Adapun penjual kerupuk di pasar ini yaitu kerupuk melarat, rengginang udang, kerupuk kulit serta gapit.

 

Sekian dulu yah pembahasan saya kali ini mengenai Oleh Oleh Khas Cirebon. Jika ada kekurangan atau kelebihan kata-kata diartikel ini saya minta maaf, karena semua manusia tak luput dari kesalahan pasti ada saja kekurangan dan kelebihannya. Semoga apa yang Anda baca di artikel ini dapat bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan Anda  serta kita semua dapat lebih mencintai lagi makanan tradisional atau makanan yang ada dalam negeri tercinta ini.