Keberadaan Kuliner Nasi Lengko

Nasi Lengko Haji Barno Dan Kelezatannya

Hai sobat, Kali ini kita akan ke Cirebon lagi nih, ingin mencicipi kulinernya yang khas. Kali ini kita akan berburu nasi lengko nih. Oh iya, di Cirebon kan ada salah satu warung nasilengko yang cukup terkenal. Namanya adalah? warung Nasi Lengko Haji Barno. Aduh, jadi ingin kesana nih. Yuk ah kita mencicipi Nasi Lengko Haji Barno dan kelezatannya yang menggoda selera makanku ini. Yuk kita kesana, jangan pakai lama lagi berfikir.

 

Keberadaan Kuliner Nasi Lengko

Nasi Lengko merupakan salah satu kuliner yang khas dari masyarakat Pantura (pantai utara) seperti Cirebon, Brebes, Indramayu, Tegal dan sekitarnya. Ya, makanan khas yang satu ini memang tidak begitu mentereng dibandingkan dengan Nasi Jamblang khas Cirebon. Walaupun begitu, Nasi Lengko ini juga tidak kalah saing loh, walau makanan yang sederhana ini tidak begitu populer, namun telah mempunyai tempatnya di hati masyarakat. Di Cirebon, banyak warung-warung atau rumah makan yang menjual nasi lengko tersebut.

 

Nasi Lengko Makanan yang Sederhana

Nasi lengko tidak diragukan lagi kelezatannya, bagaimana tidak walau makanan ini terdengar sederhana akan tetapi banyak mengandung protein, serat dan kalori karena bahan yang digunakan pun non hewani. Dengan berbekal nasi putih yang masih panas, diiringi lauk seperti irisan tempe goreng, tahu, tauge, serta bumbu yang lezat seperti bumbu kacang, guyuran kecap manis encer, dan taburan bawang goreng ditambah daun kucai (seledri) tidak lupa, cacahan mentimun yang menambah kelezatan nasi lengko itu sendiri.Sederhana memang, dan makanan yang menyehatkan tentunya.

 

Nasi Lengko Haji Barno dan Kelezatannya yang Menggoda
Nasi Lengko Makanan yang Sederhana

 

Rumah Makan Nasi Lengko H. Barno Pagongan

Salah satu rumah makan yang berada di daerah Cirebon yaitu RM Haji Barno, menyediakan Nasi Lengko yang tidak kalah lezatnya dari rumah makan nasi lengko yang lainnya. Jika Anda berkunjung ke Cirebon, jangan lupa sempatkan mampir ke tempat yang satu ini. Berlokasikan di jalan Pagongan No. 15 B Pekalipan, Kota Cirebon – Jawa Barat. Rumah makan inilah yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi warga Cirebon, yang dikenal banyak karena kuliner Nasi Lengkonya itu. Selain menyediakan nasi lengko, disini juga terdapat keistimewaan tersendiri, berbeda dari rumah makan yang lainnya, disini kita bisa menikmati nasi lengko yang lezat didampingi oleh sate kambing yang tak kalah enaknya. Perpaduan antara nasi lengko dengan sate kambing itu membuat semakin nikmat ketika disantap.

 

Rumah Makan Nasi Lengko H. Barno Pagongan
Rumah Makan Nasi Lengko H. Barno Pagongan

 

Nasi Lengko dan Perpaduan Sate Kambing Haji Barno

Memang nasi lengko racikan H. Barno ini sangat sederhana tetapi rasa lebih berwarna. Dipadukan dengan beberapa tusuk sate kambing muda membuat selera makan Anda bertambah. Belum lagi ditambah kerupuk angin yang gurih, akan menambah sensasi tersendiri ketika makan kuliner yang istimewa ini.Apalagi Sate kambing yang merupakan menu kreasi dari H. Barno, untuk melengkapi nasi lengko yang akan membuatnya semakin nikmat ketika dimakan bersamaan.

 

Nasi Lengko dan Perpaduan Sate Kambing Haji Barno
Nasi Lengko dan Perpaduan Sate Kambing Haji Barno

 

Keistimewaan Nasi Lengko Buatan H. Barno

Rumah makan Haji Barno sekarang ini dijalankan oleh anak dan keponakannya, karena H. Barno sendiri telah pensiun. Salah satu pengelola rumah makan ini adalah Sunandi yang merupakan keponakan dari H. Barno. Nah, di Rumah Makan Haji Barno ini juga ada keistimewaan dalam membuat nasi lengkonya loh. Dilihat dari segi tampilan, memang nasi lengko tidak sulit membuatnya. Menurut Sunandi, H Barno memiliki resep istimewa sendiri untuk membuat nasi lengkonya itu. Dari dulu, H. Barno memang tetap menggunakan cara tradisional. Baik saat menanak nasi, menggoreng tempe, dan tahu. Dan peralatan memasaknya pun masih menggunakan kayu bakar. Adapun untuk resep bumbu kacang buatan H. Barno sendiri juga masih menggunakan alat tradisional contohnya alu yang digunakan untuk menghaluskan kacang tanah, bahkan cabai, bawang maupun garam. Terlebih lagi untuk tempe dan tahunya yang didatangkan dari khusus dari daerah Wanasaba, Cirebon.

 

Keistimewaan Nasi Lengko Buatan H. Barno
Keistimewaan Nasi Lengko Buatan H. Barno

Untuk pencuci mulut saat selesai makannya, di warung H. Barno juga ada es durian loh. Rasanya tidak diragukan lagi deh, apalagi dengan campuran es krim yang berlumuran sirop ternama khas Cirebon yaitu Cap Tjampolay dengan rasa susu yang enak. Untuk dapat menikmati nasi lengko, sate kambing, maupun es durian Anda harus tahu juga nih daftar harga yang ditawarkan di warung H. Barno ini. Untuk bisa menikmati sepiring nasi lengko, cukup dengan harga Rp. 8.000, lima tusuk sate kambing muda (tanpa lemak) dibandrol Rp. 16.000, tapi jika Anda ingin sate yang lebih murah, Anda bisa mencicipi sate kambing (plus lemak) dengan harga Rp. 12.500 lebih murah. Sedangkan untuk es durian dihargai sebesar Rp. 10.000, dan untuk kerupuk anginnya, yang berisi tiga keping cuma Rp. 1.000 saja. Bagaimana? mau mencobanya gak?

 

Nah, bagaimana sobat? sudah kenyang nih makan di warungnya Haji Barno? sudah bayar belum nih? hehehe,bagaimana rasa dan sensai saat menikmati menu yang ada di warung tersebut? enak bukan? apalagi Nasi Lengko Haji Barno dan kelezatannya yang menggoda nafsu makan. Kenyang kan akhirnya. Ya, semoga ulasan diatas bisa diterima oleh semanya, dan semoga bermanfaat ya.