Mengenal Kebudayaan Dan Pariwisata Di Cirebon

Mengenal Kebudayaan Dan Pariwisata Di Cirebon

Belum lengkap rasanya jalan-jalan di suatu daerah tanpa mengetahui dan juga mengenali kota yang di kunjunginya. Dengan membaca artikel ini, marilah kita mencari tahu dan mengenali lagi kebudayaan dan pariwisata yang ada di wilayah Cirebon ini secara lebih dalam lagi.


Kota yang sangat kental dengan tradisi adatnya dan begitu beragamnya seni kebudayaannya serta keindahan alamnya yang begitu mempesona ini. Kurasa kota ini merupakan kota yang sangat cocok bagi Anda untuk menjadi salah satu tujuan wisata Anda dikala waktu liburan datang. Pariwisata di Cirebon banyak sekali jenisnya mulai dari Wisata Religi hingga tentunya wisata kuliner yang tidak kalah serunya.

 

Kota Cirebon

Cirebon merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Barat,Indonesia. Kota ini berada di pesisir utara Pulau Jawa atau yang sering di kenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya.

 

Mengenal Kebudayaan Dan Pariwisata Di Cirebon
Mengenal Kebudayaan Dan Pariwisata Di Cirebon

 

Cirebon Pada awalnya berasal dari kata sarumban, Cirebon merupakan sebuah dukuh kecil yang dibangun oleh Ki Gedeng Tapa. Seiring berjalannya waktu Cirebonpun berkembang menjadi sebuah desa yang ramai yang kemudian diberi nama Caruban (Carub dalam bahasa Cirebon yang berarti bersatu padu). Diberi nama demikian karena di sana bercampur para pendatang dari beraneka bangsa diantaranya Sunda, Jawa, Tionghoa, dan unsur-unsur budaya bangsa Arab), agama, bahasa, dan adat istiadat. kemudian mengalami perubahan kembali menjadi Carbon dan kemudian berganti lagi menjadi Cerbon.

 

Selain karena faktor penamaan tempat dalam penyebutan kota Cirebon juga dikarenakan sejak awal masyarakat Cirebon mata pencahariannya sebagian besar adalah menjadi seorang nelayan, maka berkembanglah pekerjaan menangkap ikan dan rebon di sepanjang pantai, serta pembuatan terasi, petis dan garam.Dari istilah air bekas pembuatan terasi atau (belendrang dalam bahasa cirebonnya) yang terbuat dari sisa pengolahan udang rebon inilah berkembangnya sebutan nama cai-rebon yang dalam bahasa sunda adalah air rebon, yang kemudian seiring berkembang zaman cai-rebon sendiri berganti lagi menjadi Cirebon.

 

Budaya Cirebon

Kota Cirebon memilki kebudayaan yang sangat melekat yakni perpaduan dari berbagai budaya yang datang serta mempunyai bentuk ciri khas tersendiri. Dapat dilihat dari beberapa pertunjukan yang begitu khas dari masyarakat Cirebon yaitu diantarnya tarling, Tari Topeng Cirebon, Sintren, Kesenian Gembyung dan Sandiwara Cirebonan.

 

2. Budaya Cirebon

 

Kota ini memilki beragam jenis kerajinan tangan antara lain Topeng Cirebon, Lukisan Kaca, bunga Rotan, dan Batik. Batik khas dari Cirebon mempunyai ciri khas tersendiri yang mnugkin tidak akan ditemukan di tempat lain yaitu motif mega mendung, motif ini mempunyai bentuk seperti awan bergumpal-gumpal yang biasanya membentuk bingkai pada gambar utama.

 

Motif mega mendung sendiri diciptakan oleh Pangeran Cakrabuana pada tahun 1452-1479, Pada awalnya seni batik Cirebon hanya dikenal di kalangan keraton, karena batik tersebut didapat dari pengaruh keraton-keraton yang ada di Cirebon. Seiring berkembangnya seni batik di Cirebon, batik motif mega mendungpun mulai banyak digunakan dari berbagai kalangan. Selain itu terdapat juga motif-motif yang disesuaikan dengan ciri khas pesisir.
Kebudayaan di Kota Cirebon memilki potensi yang sangat potensial untuk dikembangkan sehingga dapat diberdayakan menjadi nilai tinggi yang dapat dilestarikan dan juga dapat pula disajikan nilai komoditas pariwisata sebagai daya tarik tersendiri di Kota Cirebon. Beragam kesenian dan tradisi serta unsur-unsur budaya yang luhur bisa dijadikan faktor penunjang dalam menyokong pembangunan di wilayah Kota Cirebon. Budaya yang cenderung religius berbaur dengan budaya keraton yang bernunsa kerajaan sangat khas dan juga sangat menonjol adalah merupakan ciri khas yang sangat kental di Kota Cirebon ini.

 

 

Wisata Cirebon Jawa Barat

Sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Barat, Kota Cirebon menawarkan berbagai pesona baik diantaranya wisata sejarah yang ada di Kota Cirebon yaitu tentang kejayaan kerajaan Islam, Kisah para wali,Komplek Makam Sunan Gunung Jati di Gunung Sembung sekitar 15 meter ke arah barat pusat kota, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Masjid At Taqwa, Klenteng Kuno, dan Bangunan-bangunan zaman Belanda, kota ini juga menydiakan berbagai macam kuliner khas Cirebon dan juga terdapat sentra kerajinan rotan serta batik khas Cirebon.

 

Cirebon memiliki beberapa keraton, yaitu keraton Kesepuhan dan keraton Kanoman. Keraton – Keraton terseebut memilki arsitektur gabungan dari elemen kebudayaan Islam, Cina, dan Belanda. bangunan tersebut memilki ciri khas yaitu selalu menghadap ke utara dan ada sebuah masjid didekatnya. Sebagai tempat berkumpul setiap keraton mempunyai alun-alun, pasar dan patung macan di taman atau halaman depan sebagai perlambang dari Prabu Siliwangi, yang merupakan tokoh sentral terbentuknya kerajaan Cirebon. Adapun ciri lain dari Kota ini yaitu piring porselen asli Tiongkok yang dijadikan penghias dinding. Konon beberapa piring ini diperoleh dari Eropa saat Cirebon menjadi pelabuhan pusat perdagangan Pulau Jawa.

 

Kota Cirebon terdapat bebearapa kawasan taman antara lain Taman Air Sunyaragi dan Taman Ade Irma Suryani. Pada Masanya Taman Air Sunyaragi mempunyai teknologi pengaliran air yang canggih, air mengalir diantara teras-teras tempat para putri raja bersolek, halaman rumput hijau tempat para ksatria berlatih, ditambah menara dan kamar istimewa yang pintunya terbuat dari tirai air. Kota ini juga memiliki masakan khas sebagai bagian dari wisata kuliner diantaranya Sega Jamblang, Sega Lengko, Empal Gentong, Docang, Tahu Gejrot, Kerupuk Melarat, Mendoan, Sate Beber, Mi koclok, Empal Asem, Nasi goreng Cirebon, Ketoprak Cirebon, Bubur Ayam Cirebon, Kerupuk Udang dan sebagainya.

 

Sekian penjelasan dari saya, semoga arikel tentang Mengenal Kebudayaan dan Pariwisata di Cirebon ini dapat bermanfaat bagi Anda serta dapat menambah wawasan Anda tentang Kota Cirebon dan juga menjadikan tempat ini sebagai salah satu opsi lain untuk Anda pada saat waktu liburan tiba untuk berkunjung di Kota ini.