Maribaya Wisata Air Terjun Dengan Panorama Indahnya

Bandung adalah salah satu kota di mana terdapat berbagai tempat wisata yang sangat terkenal di kalangan para peloncong. Di Bandung banyak sekali tempat wisata yang terkenal dan dijadikan destinasi wisata favorit bagi para wisatawan salah satunya adalah objek wisata air terjun Maribaya yang merupakan salah satu tempat terfavorit wisatawan kala mereka berkunjung di kota ini.

Air terjun Maribaya atau sering disebut dengan Curug Maribaya ini adalah objek wisata yang mempunyai panorama alam yang begitu indah nan mempesona serta menakjubkan, yang tentunya tidak mudah menemukan tempat wisata yang satu ini di daerah yang lainnya di Indonesia. Nah… kebetulan, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai Maribaya wisata air terjun dengan panorama indahnya, apa sih yang membuat Maribaya terkenal akan air terjunnya yang memilki panorama yang indah nan mempesona, penasaran bukan tentang tempat wisata yang satu ini…

 

Asal Usul Maribaya

Di kaki gunung Masigit terdapat sebuah perkampungan yang dialiri oleh dua sungai. Di perkampungan inilah hidup seorang wanita yang memilki anak perempuan yang cantik. Anak tersebut bernama Maribaya, karena kecantikannya itu, anak tersebut menjadi wanita idaman para kaum lelaki di daerah tersebut. Orang tua dari Maribaya pun takut akan terjadi malapetaka pada keluarganya akan kecantikan yang dimilki puterinya tersebut. Oleh karena itu untuk mencari wangsit mereka pun memutuskan untuk pergi bertapa ke gunung tangkuban perahu.

Maribaya Wisata Air Terjun Dengan Panorama Indahnya
Asal Usul Maribaya

Eyang Raksa Dinata yang merupakan ayah dari Maribaya menjalankan wangsit untuk menumpahkan bokor, kemudian muncullah sumber air panas yang mengandung belerang sekmbalinya dari pertapaan. Pada tahun 1835 sumber air panas tersebut mulai dikembangkan oleh Eyang Raksa. Sehingga pengunjung pun mulai berdatangan ke sana untuk rekreasi atau bertobat. Eyang Raksa yang awalnya hanya ingin menghindari pertumpahan darah karena anaknya, justru mendapatkan suatu keberkahan yang berupa penghasilan dari pengunjung yang banyak berdatangan dari sumber air panas yang dikembangkannya tersebut.

 

Air Terjun Maribaya Bandung

Air terjun Maribaya adalah bagian dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang berlokasi di Jl. Maribaya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Sekitar 5 km dari arah Timur Lembang dan sekitar 15 km dari kota Bandung. Air terjun ini dapat diakses dengan menggunakan transportasi umum. Jalur yang harus Anda tempu yakni dengan naik angkot dari Lembang ke arah Maribaya. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 5 km, Anda akan tiba di jembatan Maribaya.

Air Terjun Maribaya Bandung
Air Terjun Maribaya Bandung

Supaya Anda dapat masuk ke lokasi wisata ini, Anda dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp. 8.000 bagi setiap pengunjung. Jika Anda ingin mandi di pemandian air panas, maka Anda harus membayar biaya tambahan sebesar Rp. 5.500 untuk orang dewasa dan Rp. 2.500 bagi anak-anak. Wisata Maribaya ini dibuka mulai pukul 8 pagi sampai dengan 4 sore.

 

Wisata Maribaya Bandung

Air terjun Maribaya disebut juga Curug Omas oleh warga sekitar. Di Maribaya Ada Beberapa lokasi menarik yang dapat Anda kunjungi, lokasi yang pertama yaitu air terjun Maribaya. Air terjun ini merupakan air terjun yang masih sangat alami dengan latar pepohonan yang menghiasi tempat ini bisa membuat Anda merasakan ketenangan bila berada di sini. Dengan ketinggian kurang lebih sekitar 30 m, di dekat air terjun ini juga terdapat dua jembatan yang dapat memudahkan para pengunjung dalam menikmati air erjun tanpa takut basah.

Wisata Maribaya Bandung
Wisata Maribaya Bandung

Selain menikmati akan keindahan air terjun dari jembatan, Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun dari dekat sambil berfoto dia atas bebatuan raksasa yang ada di bawah air terjun tersebut. Persiapkan terlebih dahulu baju ganti Anda jika Anda ingin melakukan aktivitas ini, karena sudah pasti Anda akan basah kuyub terkena percikan air yang deras. Selain itu, Anda juga dapat berendam dalam air panas. Konon berendam dalam air panas di Maribaya dipercaya dapat menyembuhkan penyakit.

 

Untuk Anda yang menyukai jalan kaki sambil menikmati alam terbuka, Anda bisa mencoba trekking di Taman Hutan Raya Djuanda. Anda bisa menemukan gua Belanda dan gua Jepang dalam melakukan trekking melalui taman ini. Bahkan Anda bisa keluar masuk gua ini, namun bila Anda memutuskan untuk masuk ke dalam gua jangan lupa untuk menyiapkan alat penerangan seperti senter. Karena di dalam gua sangatlah gelap dan tanpa penerangan sehingga Anda tidak mungkin bisa menyusuri gua ini tanpa adanya alat penerang. Tenang saja, jika Anda tidak mau repot-repot membawa alat penerangan, di sini juga menyediakan tempat penyewaan lampu senter.

 

Nah… sudah dulu yah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Maribaya wisata air terjun dengan panorama indahnya ini. Semoga artikel ini bisa menjadi sebuah informasi yang berguna serta bisa menambah daftar objek wisata Anda ketika berkunjung di suatu daerah.