Empal Gentong Yang Sedang Dimasak

Lezatnya Empal Gentong Kuliner Khas Cirebon

Ada yang belum tahu dan belum merasakan kelezatan Empal Gentong ? Sayang sekali bagi kalian yang belum pernah merasakan kelezatannya. Empal Gentong adalah salah satu makanan khas Cirebon yang sangat terkenal karena dengan mencium baunya dari kejauhan saja sudah menggugah selera.

Lezatnya Empal Gentong Kuliner Khas Cirebon
Lezatnya Empal Gentong Kuliner Khas Cirebon

 

Owh ya, di Cirebon ada banyak sekali makanan khas selain Empal Gentong yang bisa kalian temui seperti Sega Jamblang, Tahu Gejrot, Mie koclok, Docang dan masih banyak yang lainnya. Dan kali ini saya akan memperkenalkan salah satu makanan khas Cirebon yakni Empal Gentong.

 

Empal Gentong

Empal gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dengan isian yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi yang dimasak dengan cara direbus menggunakan kayu bakar di dalam gentong (periuk tanah liat). Penamaan empal gentong sendiri, karena tempat untuk merebus daging masih menggunakan gentong yang terbuat dari tanah liat. Biasanya kan pakai aluminium, tapi kalau empal gentong pakainya tanah liat.

 

Istilah empal di Cirebon adalah gulai, bukan gepuk atau dendeng. Disebut demikian karena dimasak paling sedikit lima jam dalam gentong atau kuali menggunakan kayu dari pohon asam. Hal itu guna menciptakan rasa dan tingkat keempukan daging. Cara memasak dengan kuali ini sudah dilakukan secara turun temurun. Wadah tanah liat yang sudah dipakai bertahun-tahun akan memberi sentuhan rasa sedap yang tiada tara. Tentu saja karena kerak bumbu sudah mengendap di pori-pori tanah liatnya.

 

Selain menggunakan kayu bakar dan gentong, makanan ini disajikan dengan daun kucai dan sambal berupa cabai kering giling. Sambal empal gentong ini sangatlah pedas sebab merupakan saripati cabai merah kering yang kemudian ditumbuk.

 

Cabai Kering Bubuk
Cabai Kering Bubuk

 

Penjual Empal Gentong

Untuk kalian yang sudah tidak sabar ingin merasakan kelezatan Empal Gentong tapi masih bingung dimana bisa menemukan penjual Empal Gentong. Bila kalian berada di Cirebon, di Jl. Ir H. Juanda bisa kalian jumpai para penjual Empal Gentong khas Cirebon yang nampak berjejer menghiasi setiap bangunan yang ada di tepi jalan. Mulai dari yang lapak-lapak pinggir jalan hingga rumah makan yang menyediakan beberapa macam makanan khas cirebon sekaligus.

 

Penjual Sedang Melayani Pesanan
Penjual Sedang Melayani Pesanan

 

Ada beberapa rumah makan terkenal yang bisa dijadikan referensi kalian yang mau mencoba kelezatan Empal gentong Khas Cirebon ini. Seperti rumah makan Empal Gentong H. APUD, Empal Gentong dan Empal Asem Amarta, Empal Gentong Krucuk Cirebon, Empal Gentong Mang Leman dan masih banyak lagi.

 

Sekian artikel saya tentang Lezatnya Empal Gentong Kuliner Khas Cirebon. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi motifasi mungkin untuk mencoba berkeliling Cirebon serta mencoba kelezatan Kuliner Khas Cirebon lainnya.