Nasi Jamblang

Kenikmatan Nasi Jamblang Khas Kota Cirebon

Hallo, kali ini saya akan mememberikan artikel yang berisikan tentang kuliner, yang tentunya kuliner satu ini merupakan khas kota Cirebon, langsung saja kita bahas yuk. Jika anda sedang berada di Cirebon atau berencana akan ke Kota Cirebon, makanan ini harusnya tidak sampai anda lupa untuk mencobanya, Makanan ini adalah Nasi Jamblang, Mungkin kedengarannya tidak familiar dikalangan luar kota tetapi di masyarakat kota Cirebon makanan khas ini sangatlah merakyat dan dapat di jangkau semua kalangan di Kota Cirebon.

Nasi Jamblang Cirebon

Sega Jamblang atau bisa juga di sebut nasi jamblang Dalam bahasa indonesia ini merupakan makanan khas dari kota Cirebon, Jawa Barat. Dan nama Jamblang tersebut diambil dari nama suatu daerah di daerah barat Kota Cirebon, Yang merupakan sentra makan khas Cirebon ini.

 

Kenikmatan Nasi Jamblang Khas Kota Cirebon
Kenikmatan Nasi Jamblang Khas Kota Cirebon

 

Ciri khas dari makanan ini ialah penggunaan daun jati yang di gunakan sebagai pengganti piring juga sebagai bungkus nasi dari makanan ini. Penyajian dari makanan inipun bersifat prasmanan yang berarti kita dapat memilih sendiri apa lauk yang kita inginkan dengan sesuai selera.

 

Sejarah Nasi Jamblang

Awal mula dari makanan khas Cirebon ini berawal ketika zaman penjajahan dahulu yang mulanya makanan ini diperuntukan bagi para pekerja pakasa pada zaman belanda yang sedang membangun jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan yang sekarang di kenal sebagai jalur Pantura, Dimana jalan ini melintasi wilayah kabupaten cierbon.

Sega jamblang atau Nasi Jamblang kala itu dibungkus dengan daun jati, Karena mengingat jika dibungkus menggunakan dain pisang makan akan kurang tahan lama sedangkan apabila menggunakan daun jati makanan akan dapat bertahan lebih lama dan tidak mengubah tekstur dari nasi sehingga nasi tetap pulen. Karena sifat daun jati ini sendiri mempunyai kelebihan kerna memiliki pori-pori yang sangat membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

Disamping menunya yang beraneka ragam, namun makanan khas ini dapat di jangkau semua kalangan pada masa itu. Karenan mulanya makanan tersebut di peruntukan untuk pada pekerja buruh kasar di pelabuhan serta para kuli angkut di jalan Pekalipan Cirebon.

 

Menu Nasi Jamblang

Nah, Menu nasi jamblang sendiri sangatlah bervariasi dan anda dapat memilihnya di sesuaikan dengan selera anda sendiri.

 

Menu Nasi Jamblang

 

Dan menu atau lauk yang disediakan antara lain sambal goreng, dendeng, sayur tahu, sate kentang, sate telur puyuh, sate usus, semur tahu, tempe, semur telur ceplok/ telur mata sapi, perkedel, semur ayam, telur dadar, semur hati/ampela, semur ikan, ikan goreng, ayam goreng, pepes tahu, pepes usus,pepes ayam, juga tahu dan ikan asin. Makanan khas ini tentunya banyak di temukan pinggiran jalan kota cirebon terutama di jl. Nasional 5 Cirebon barat tepatnya di kecamatan jamblang Kabupaten Cirebon.

 

Warung Nasi Jamblang

Warung Nasi Jamblang ini dapat di temukan di cirebon dengan mudah, Warung Nasi Jamblang yang populer diantaranya :

Nasi Jamblang Bu Nur, Berlokasi di Jl Cangkring II No 34 Cirebon.

 

Nasi Jamblang Bu Nur
Nasi Jamblang Bu Nur

 

Nasi Jamblang Mang DUL, Berlokasi di Jl. Dr. Cipto Mangunkusomo, No. 4, Jawa Barat 45132 Kota Cirebon.

 

Nasi jamblang Mang dul
Nasi jamblang Mang dul

 

Nasi Jamblang Mba Rosie, Berlokasi di Jl. Nasional No 5 Jamblang, CIrebon.

 

Nasi jamblang  Mbak Rosie
Nasi jamblang Mbak Rosie

 

Nasi Jamblang Bu Samiri, Berlokasi di Jl. Nasional No 5 Jamblang, CIrebon.

 

Nasi Jamblang Bu Samiri
Nasi Jamblang Bu Samiri

 

Nah, Semua hal tentang salah satu Kuliner Khas Kota Udang ini telah saya paparkan, semoga dengan adanya informasi ini sangat bermanfaat untuk anda ketika melancong ke daerah Cirebon dan merupakan makanan yang wajib disantap bagi anda yang sedang berada di Kota Cirebon yah, Sekian artikel dari saya.