Air Terjun Coban Rondo Malang

Eksotisnya Coban Rondo Malang

Berbicara tentang Kabupaten Malang memang tak lapas dari berbagai tempat wisata yang terdapat didalamnya, yang tentunya menjadi magnet para wisatawan untuk datang mengunjunginya. Dibalik Megahnya Jatim Park 1 dan jatim Park 2 yang sudah terkenal, kali ini saya akan membahas tentang Wisata Alam yang terdapat di Kabupsten Malang Yaitu Coban Rondo, apa itu Coban Rondo? mari kita bahas.

Air Terjun Coban Rondo

Berletak di Kecamatan Pujon 25 km dari kota Malang lereng Gunung Kawi, Kabupaten malang, Jawa Timur. Air Terjun Coban Rondo ini merupakan tempat wisata yang harusnya anda tidak lewatkan bersama sanak keluarga ataupun pasangan anda, dengan lokasi yang mudah di jangkau oleh kendaraan umum, melalui jalan malang-batu dari sebelah timur Kediri-Pare menuju Malang arah barat, banayak angkutan yang bersedia mengantar anda menuju objek tersebut.

Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo

Dengan tarif masuk seharga Rp.15.000,- per orang serta untuk biaya parkir roda 2 seharga Rp.4000,- pastinya terjangkau untuk anda.

 

karakteristik Air Terjun Coban Rondo

Objek Wisata Coban Rondo terletak pada ketinggian 1135 m di atas permukaan laut, dengan ketinggian 84 meter dengan kisaran debit airnya 90 liter per detik pada saat usim kemarau serta 150 liter per detik ketika musim penghujan, banyak spot untuk anda yang berkeindahan mengabadikan momen dengan keindahan Eksotisnya Coban Rondo Malang ini.

Karakteristik Air Terjun Coban Rondo
Karakteristik Air Terjun Coban Rondo

Coban Rondo sendiri merupakan bagian daripada kelompok air terjun bertingkat, dimulai dari air terjun Kembar yang bernama Coban Manten dan bergabung menjadi satu dinamakan Coban Dudo, lalu kemudian mengalir kembali kebawah dengan nama Coban Rondo ini.

 

kisah Coban Rondo

Tersebutlah sepasang muda mudi yang telah melangsungkan pernikahan mereka. Muda mudi ini dikenal dengan nama Dewi Anjarwati yang berasal dari Gunung Kawi, serta Raden Baron Kusuma yang berasal dari Gunung Anjasmoro.

Mereka berdua pun hidup berbahagia, ibarat bunga yang sedang mekar-mekarnya, indah nan harum. Suatu hari Dewi Anjarwati berkeinginan menjenguk kedua mertuanya yaitu orang tua dari Raden Baron Kusuma yang berada di Gunung Anjasmoro.

Ketika itu Orang tua Dewi Anjarwati tidak mengizinkan kedua mempelai untuk bepergian mengingat usia pernikahan mereka baru saja menginjak 36 hari, dan menurut kepercayaan masyarakat Jawa pada saat itu, pasangan pengantin yang belum melalui masa selapan tidak diperkenankan untuk meraka bepergian jauh, jika di langgar, maka akan ada sesuatu yang buruk akan menimpa mereka.

Namun, Dewi Anjarwati juga Raden Baron Kusumo mengabaikan anjuran dari orang tua Dewi Anjarwati dan tetap berangkat menuju Gunung Anjasmoro seraya menegaskan bahwa mereka siap menerima resiko apapun yang akan terkadi selama dalam perjalanan.

 

Kisah Air Terjun Coban Rondo
Kisah Air Terjun Coban Rondo

Di tengah-tengah perjalanan, rombongan mempelai ini bertemu dengan seorang pemuda yang mengaku bernamakan Joko Lelono. Pria yang tidak diketahui asal-usulnya ini lantas jatuh hati pada Dewi Anjarwati dan langsung berusaha mengambil sang Dewi dari suami sahnya. Akibatnya terjadilah perkelahian yang cukup hebat antara Joko Lelono melawan Raden Baron Kusumo.

Keduanya saling mengadu ilmu dan juga nampak sama kuat. Kemudian ditengah perkelahian Raden Baron Kusumo menginstruksikan kepada rombongan agar para pembantunya lari dan menyelamatkan Dewi Anjarwati di suatu tempat yang dinamakan dengan Coban atau air terjun.

Kesanalah akhirnya rombongan ini menuju dan menanti-nanti datangnya sang Raden Baron Kusumo. Namun apa daya ternyata Raden Baron Kusumo tak kunjung datang menjemput Dewi, meskipun telah dinantikan sekian lama.

Di sebuah batu yang letaknya berada di bawah air terjun tersebut Sang Putri hanya merenungi nasibnya akibat melanggar nasehat orang tuanya. dan khirnya air terjun itupun hingga saat ini dinamakan Coban Rondo atau dengan arti lain (air terjun janda).

 

Nah, bagaimana tentang artike kali ini yang membahas wisata air terjun Coban Rondo yang penuh kisah ini? menarik bukan? Untuk anda yang berkeinginan berwisata ke daerah Malang tentunya objek yang satu ini tidak boleh anda lewatkan.