Kota Cirebon

Daya Tarik Dari Kota Udang

Hai, Dalam artikel kali ini saya akan menceritakan sebuah kota yang terkenal di juluki kota Udang , Berbagai hal contohnya apa sih itu Kota Udang ini ? serta berbagai hal yang ada di dalamnya juga akan di bahas dalam artikel ini, Oke selamat membaca

Kota Cirebon

Kota Cirebon Atau Kabupaten Cirebon yang biasa di juluki kota udang Ialah Kabupaten Yang terletak di Provinsi Jawa Barat di Bagian timur Yang berbatasan dengan Jawa Tengah.

 

Kota Cirebon
Kota Cirebon

 

Pada Bidang Pertanian, Kabupaten Cirebon merupakan produsen beras yang letak daerahnya di lintasi jalanan pantura.

 

Pesona Kota Cirebon

Berbagai macam hal dapat kita temui di Kota Cirebon Ini mulai dari Budaya, Kesenian, Kuliner dan macam tempat bersejarah dan tempat wisatanya, Yang tentu saja menjadi kota ini berkarakter ialah sangat banyak jejak sejarah keislaman di tanah jawa juga dapat di temui di kota ini. Mulai dari Keraton Kesepuhan, Gua Sunyaragi, Serta Makam Sunan Gunung Jati dan itulah hal yang menjadi daya tarik dari Kota Udang.

 

Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan ialah keraton megah dan terawat yang ada di kota cirebon. Setiap arsitekturnya pun memiliki banyak unsur sejarah, Dikelilingi tembok bata merah pada bagian halaman depan keraton menjadikan keraton ini terlihat sangat luas dan megah.

 

Keraton Kesepuhan Cirebon
Keraton Kesepuhan Cirebon

 

Keraton Kasepuhan ialah Kerajaan islam yaitu tempat yang di khususkan bagi para pendiri Cirebon yang bertahta, Yang menjadikan tempat ini sebagai pusat pemerintahan kasultanan Cirebon Kala itu.

 

Dalam Keraton ini juga terdapat museum yang memiliki koleksi yang lengkap mulai dari benda pusaka dan koleksi lukisan kerajaan. Salah satu koleksinya ialah Kereta Singa Barong yang merupakan sebuah kereta Kecana dari Sunan Gunung Jati. Sekarang Kereta tersebut tidak lagi dipergunakan sekarang hanya dikeluarkan hanya pada setiap 1 syawal untuk dimandikan.

 

Pada bagian dalam Keraton terdiri dari bangunan utama yang berwarnakan putih. Yang di dalamnya terdapat ruang tamu, Ruang tidur serta Singgasana Raja.

 

Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi merupakan sebuah gua yang terletak di keliurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon. Dimana disana terdapat bangunan arsitektur mirip candi yang biasa di sebut Gua Sunyaragi, ataupun Taman Air Sunyaragi, Sering disebut pula sebagai Tamansari Suyaragi.

 

Gua Sunyaragi
Gua Sunyaragi

 

Nama “Sunyaragi” yaitu berasal dari penggalan kata “sunya” yang berarti sepi dan “ragi” yang berarti Raga, Keduanya merupakan bahasa sansekerta. Tujuan utama didirikannya gua tersebut isalah sebagai tempat berisatirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan Para Keluarganya.

 

Makam Sunan Gunung Jati

Komplek Pemakaman Sunan Gunung Jati Merupakan Komplek Pemakaman bersejarah yang sekaligus tempat dimana bersemayamnya Syekh Syarif Hidayatullah atau yang biasa di juluki Sunan Gunung Jati.

 

Makam Sunan Gunung Jati
Makam Sunan Gunung Jati

 

Merupakan pusat wisata religi yang terdapat di Kota Cirebon tampat ini hampir setiap hari ada saja peziarah yang datang dengan berbondong-bondong hanya untuk menjumpai juga berziarah ke komplek pamakaman beliau, Hingga saat ini sangat ramai dan salah satu objek wisata yang wajib di kunjungi selama berada di Cirebon.

 

Ikon Kota Cirebon

Pada sejarah keislaman Cirebon mempunyai ikon yang tidak dapat dipisahkan dari kota Udang ini, Yaitu salah satu dari ulama yang menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa beliau adalah Sunan Gunung Jati.

 

Ikon Kota Cirebon
Ikon Kota Cirebon

 

Sunan Gunung Jati Yang memiliki nama asli Syarif Hidayatullah ini lahir sekitar tahun 1450 M, namun ada juga yang menyebut bahwa beliau lahir sekitar tahun 1448 M. Sunan Gunung Jati Merupakan kelompok daripada ulama besar di daerah jawa yang dinamakan Walisongo. Dan Sunan Gunung jati Merupakan Walisongo satu-satunya yang menyebarkan agama islam di daerah jawa barat.

 

Nah… saya rasa artikel di atas dapat membuat anda dapat menggambarkan lebih jelas bagaimana seluk beluk dan juga karakter yang dimiliki Kota Cirebon bukan, Bagi anda yang berencana berkunjung tentunya sudah lebih tahu tempat tempat yang akan anda kunjungi di kota ini, Sekian artikel dari saya dan semoga bermanfaat bagi anda semuanya.