Air Terjun Curug Putri Kuningan

7 Tempat Wisata Di Kuningan Yang Terfavorit


Kali ini pintu wisata akan membahas tentang 7 tempat wisata di Kuningan yang terfavorit. Kota Kuningan adalah kota dataran tinggi dengan puncak tertinggi di jawa barat yaitu Gunung Ciremai dengan ketinggian 3.076 mdpl dengan bentangan alam yang fariatif. Selain itu kuningan juga memiliki pesona wisata budaya yang menarik. Salah satunya ialah Situs Purbakala Cipari Kuningan yang menunjukan bahwa daerah ini sudah dihuni oleh manusia sejak zaman prasejarah atau sekitar 3.500 tahun sebelum masehi .

7 Tempat Wisata Di Kuningan Yang Terfavorit

 

7 Tempat Wisata Di Kuningan Yang Terfavorit

1. Taman Wisata Alam Linggar Jati

7 Tempat Wisata Di Kuningan Yang Terfavorit

Objek wisata linggarjati yang berada di Kabupaten Kuningan ini mempunyai daya Tarik tersendiri di hati parawisatawan. Salah satu daya tarik di tempat ini adalah bentangan alam yang masih asri yang beraneka ragam fauna ataupun flora yang terdapat di dalamnya. Disamping pesona alam yang indah, Taman Wisata Alam Linggarjati ini memiliki hawa yang sejuk dan segar. Tak jauh dari tempat ini kita dapat mengunjungi tempat wisata budaya yang bernilai sejarah, yaitu Gedung Perundingan Linggarjati adalah tempat berlangsungnya Perjanjian LinggarJati antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Belanda yang mempunyai daya tarik sendiri.

 

2. Wisata Sangkanhurip

Wisata Sangkanhurip

Objek wisata Sangkanhurip adalah sebuah lokasi wisata Kuningan yang berada di daerah Cilimus dan lokasinya berada tidak jauh dari Taman Wisata Alam Linggarjati. Di Sangkanhurip sendiri memiliki banyak daya tarik para wisatawan diantaranya adalah tempat pemandian air panas yang masih asri, airnya sendiri berasal dari blerang Gunung Ciremai dan tak hanya air panas saja di desa sangkanhurip ini kita dapat mengunjungi desa Sitonjul dengan pesona alam yang tak kalah menariknya. Didesa ini kita dapat mengunjungi aktifitas para warga sehari-hari yang mayoritasnya petani, di tempat ini kita akan merasakan kebebasan dari segala aktifitas di kota yang begitu rumit.

 

3. Air Terjun Di Curug Sidomba

Air Terjun Sidomba

Objek wisata Curug Sidomba adalah salah satu objek Wisata Kuningan yang banyak pengunjungnya. Curug Sidomba Kuningan berada d desa Peusing kecamatan Jalaksana Kuningan. Kata ‘curug’ disini diambil dari kata bahasa sunda yang artinya air terjun, dan ‘Cidomba’ yanag berarti binatang domba atau kambing karena di daerah ini banyak trerdapat binatang domba. Air terjun ini memiliki ketinggian 3 meter. Curug ini merupakan salah satu dari 7 tempat wasata di kuningan yang terfavorit. Fasilitas di curug cidomba ini salah satunya adalah restaurant, ‘saung’, tempat bermain anak dan juga terdapat binatang aneh salah satunya kambing bertanduk 3. Dilokasi ini juga terdapat masjid dengan menara tinggi dengan jumlah 99 anak tangga. Dari atas menara anda dapat menikmati pesona alam yang tak kalah indahnya dengan objek wisata kuningan lainnya.

 

4. Situs Purbakala Cipari

Situs Purbakala Cipari

Situs Purbakala Cipari ini adalah salah satu tempat wisata Kuningan yang patut anda kunjungi. Situs ini merupakan peninggalan era megalitikum dari masyarakat purba yang hidup di daratan sunda Besar, yaitu dataran yang mencakup daratan tinggi Sumatra, jawa, Kalimantan serta laut yang menghubungkan ketiganya pada sekitar tahun 10.000 tahun yang lalu. Situs ini terhitung cukup lengkap menggambarkan kehidupan di masa lalu, sehingga banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini salah satunya dari kalangan Mahasiswa bahkan sekolah dasar.

 

5. Gua Maria

Gua Maria Kuningan

Gua Maria Kuningan ini terdapat di sebuah desa Cisantana yang berada di kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Gua maria Kuningan atau disebut juga gua maria sawer rahmat kuningan ini konon dibangun atas inisiatif penduduk setempat, terletak di sebuah bukit yang bernama bukit Totombok, sebelah barat desa Cisantana. Gua ini seakan-akan menjadi tempat kramat dan seringkali menjadi tempat prosesi keagamaan. Tempat ini pun menjadi salah satu tempat wisata Religi di daerah Kuningan.

 

6. Taman Nasional Gunung Ciremai ( Curug Putri )

Curug Putri Kuningan

Salah satu destinasi tempat air terjun lainnya yang memiliki keindahan pesona alam yang asri dan sejuk serta sangat cocok untuk anda yang menyukai keindahan alam yang masih asri. Air Terjun Palutungan orang setempat menyebutnya. Tempat ini adalah salah satu tempat wisata kuningan yang sangat favorit dikunjungi para wisatawan. Ditempat ini terdapat air terjun yang sangat asri dan sejuk tak hanya air terjun saja yang disajikan ditempat ini, di sini pun terdapat tempat bascam para pendakian Gunung Ciremai dan bentangan luas perkebunan, jadi tempat ini sangat lah cocok dan wajib untuk anda kunjungi.

 

7. Pemandian Cibulan

Pemandian Cibulan Kuningan

Wisata cibulan kuningan adalah salah satu objek wisata kuningan jawa barat yang menyimpan sejarah islam di tanah jawa, konon tempat ini pernah disinggahi oleh Prabu Siliwangi. Pemandian Cibulan ini berada di desa Manis Kidul , Kuningan Jawa Barat.

Di tempat ini terdapat pemandian/kolam renang yang di dalamnya berda ikan dewa namun ikan tersebut tidaklah jahil terhadap pengunjung yang berenang dikolam tersebut. Konon ikan dewa itu berada di kolam renang sedah berumur ratusan tahun, dan percaya tidak percxaya ikan ini hilang ketika kolam di bersihkan, adapula warga setempat yang melihat ikan tersebut berubah menjadi duri-duri ikan ketika malam bulan purnama. Namun terlepas dari mitos tersebut semua kembali lagi dengan kepercayaan kita.

Tak hanya ikan dewa yang berada di cibulan, disinipun terdapat 7 sumur kramat yang konon sama khasiatnya dengan tujuh sumur yang berada di Cirebon, banyak para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini hanya ingin melihat sumur tersebut. Sehingga menjadikan tempat ini salah satu tempat wisata kuningan yang terfavorit para wisatawan.

 

Bagaimana ? menarik bukan tempat wisata yang berada di Kuningan. Masih banyak lagi tempat wisata yang berada di kuningan jawa barat ini. Artikel diatas adalah 7 tempat wisata di kuningan yang terfavorit, semoga artikel ini dapat membantu anda yang ingin berwisata ke Kuningan Jawa Barat.