5 Kuliner Ekstrim Khas Gunung Kidul Yogyakarta

GUNUNG KIDUL suatu daerah dari sekian banyak Destinasi Wisata yang terkenal di YOGYAKARTA,akan tetapi di Gunung Kidul bukan hanya Destinasi Wisata nya saja yang menarik. Wisata Kuliner di Gunung Kidul ini cukup menarik untuk di kunjungi dan di rasakan.

Kenapa?karena di sini terdapat Kuliner Terekstrim  Khas Gunung Kidul. Penasaran apa saja ?

BELALANG 

Belalang-Goreng-Khas-Gunung-Kidul

Mungkin di daerah lain, belalang bukanlah hewan yang lazim untuk diolah menjadi sebuah makanan yang lezat. Tetapi bagi masyarakat Gunungkidul belalang telah lama dijadikan lauk makan. Belalang adalah hewan yang kaya akan protein. Sebagian besar orang yang pernah mencicipi belalang goreng mengatakan bahwa rasa belalang hampir mirip dengan rasa udang. Belalang yang diolah adalah jenis belalang kayu. Belalang ini banyak hidup di dahan pohon jati dan semak yang banyak tumbuh di kawasan Gunungkidul. Belalang merupakan binatang yang hidup musiman.

Dalam proses pembuatannya, Belalang yang sudah di tangkap kemudian dihilangkan kaki kecil dan sayapnya. Selain itu juga di bersihkan juga kotoran pada bagian dalam perutnya. Setelah di bersihkan, kemudian di cuci hingga bersih dan di campur dengan bumbu. Selanjutnya Belalang yang sudah dibumbui tersebut digoreng. Belalang Goreng ini biasanya disajikan dalam dua jenis yaitu Belalang Goreng Gurih dan Belalang Goreng Bacem. Yang membedakan adalah rasanya, apabila Belalang Goreng Gurih memiliki rasa gurih, berbeda dengan Belalang Goreng Bacem yang memiliki rasa manis. Selain itu Belalang Goreng Gurih biasanya di goreng kering, sedangkan Belalang Goreng Bacem biasanya basah.

PUTHUL

puthul

Ada yang tau Puthul tidakPuthul itu serangga sejenis Kumbang yang sering menyerang tumbuhan di musim semi atau musim penghujan.

Puthul sendiri di anggap hama bagi para petani karena mesrusak tanaman dan pasti akan mempengaruhi panen bagi para petani. Puthul yang di basmi dengan cara Tradisional akan di goreng sampai kering dan di jadikan camilan. Walaupun tekstur Puthul terbilang cukup keras tapi rasa nya gurih dan mengandung  protein yang tinggi.

KEPOMPONG JATI

kepompong jati

Kepompong Pohon Jati ini tidak selallu ada sepanjang tahun,karena mereka datang nya musiman. Sama halnya dengan Belalang , Kepompong Jati juga memiliki Protein yang sangat tinggi.

Selain olahan yang sama dengan belalang, sekarang ada cara baru untuk mengonsumsi Kepompong Jati, dengan cara diolah seperti Bothok (pepes) atau ditumis dengan menggunakan cabai rawit.

Tapi, untuk yang baru mencicipinya pertama kali atau yang belum terbiasa, saat mengonsumsi Kepompong Jati, dampaknya bisa menimbulkan alergi seperti gatal-gatal.

LARON

rempeyek laron

Rempeyek Laron ya begitu lah masyarakat setempat sangat menggemari makanan yang satu ini sebagai menu lauk tambahan.

Masyarakat setempat biasa nya menangkap laron pada malam hari dengan menggunakan lampu yang di taruh di wadah yang sudah di sisi dengan air.

Laron tersebut akan mengerumuni cahaya lampu tadi dan akan terjatuh dengan sendirinya di wadah yang sudah di isi dengan air tersebut.

Singkel

Singkel.

Singkel,begitu lah warga Gunung Kidul menyebut serangga jenis ini. Dengan bau nya yang menyengat serangga ini begitu khas.

Serangga jenis ini biasa nya hanya di goreng kering dan di buat lalapan untuk sambel. Tapi terkadang juga langsung di olah menjadi Sambal Singkel. 

Ini lah 5 Kuliner Terekstrim Khas Gunung Kidul. Sudah ada yang pernah coba? Untuk kamu yang sudah pernah mencoba kuliner ekstrim di atas silahkan kunjungi langsung tempat tersebut.